SEJARAH SINGKAT SMK SMAK MAKASSAR
SMK SMAK Makassar pada mulanya bernama SEKOLAH ANALIS KIMIA MENENGAH ATAS (SAKMA) MAKASSAR yang didirikan pada tahun 1964 dengan dasar hukum pendirian surat keputusan Kepala Balai Penelitian Kimia Makassar dengan No : 01/PEND/N.Y/MKS/1964 tanggal 15 Mei 1964 yang merupakan kelanjutan dari kursus laboran yang pembukaannya dilaksanakan pada tanggal 12 September 1964, sehingga pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari lahirnya SAKMA Makassar. Pada tanggal 12 Januari 1968 resmi berubah menjadi SEKOLAH ANALIS KIMIA MENENGAH ATAS (SAKMA) MAKASSAR, akan tetapi masih merupakan bagian dari Balai Penelitian Kimia Makassar, pada tanggal 18 Oktober 1971 Menteri Perindustrian mengesahkan SAKMA MAKASSAR sebagai unit organisasi, akan tetapi formasi kepegawaian masih bergabung dengan Balai Penelitian Kimia Makassar. Sampai akhirnya pada tahun 1974 berdasarkan SURAT KEPUTUSAN MENTERI PERINDUSTRIAN No. 142/M/SK/IV/1974 tanggal 13 April 1974 bahwa SAKMA MAKASSAR terpisah dari Balai Penelitian Kimia Makassar dimana SAKMA MAKASSAR merupakan unit yang berdiri sendiri.
Selanjutnya pada tahun 1985 dikeluarkan SURAT KEPUTUSAN MENTERI PERINDUSTRIAN No. 234/M/SK/IV/1974 tanggal 24 Juni 1985, bahwa SAKMA menjadi unit pelaksana teknis di bidang pendidikan di bawah naungan PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN. Kemudian dengan surat keputusan ini SAKMA berganti nama menjadi SEKOLAH MENENGAH ANALIS KIMIA (SMAK) MAKASSAR. Terakhir berdasarkan SURAT KEPUTUSAN MENTERI PERINDUSTRIAN No. 78/M-IND/PER/8/2011 tanggal 12 Agustus 2011 tentang organisasi dan tata kerja Sekolah Menengah Kejuruan-SMAK , sehingga SEKOLAH MENENGAH ANALIS KIMIA MAKASSAR menjadi SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN-SMAK MAKASSAR. SMK SMAK MAKASSAR sendiri pada mulanya berlokasi di Jl. Wr. Supratman No. 4 Makassar, kemudian pada tahun 1984 SMAK Makassar berpindah kantor di Jl. Urip Sumiharjo km 4 Jl. Pampang Raya No. 12 Makassar.
PROFIL SMK SMAK MAKASSAR
Perkembangan dunia yang begitu pesat memberi pengaruh besar bagi seluruh aspek tatanan kehidupan manusia. Hal ini berdampak pula pada perkembangan dunia pendidikan yang mengalami transformasi seiring dengan gencarnya inovasi teknologi yang menuntut adanya penyelarasan system pendidikan yang selaras dengan permintaan dunia kerja. Salah satunya yakni mengemas dengan baik sumber daya manusia yang terbentuk dari pola pendidikan tersebut.
Jika menyimak lebih lanjut, maka hal tersebut mengarah kepada pengembangan aspek soft skill para peserta didik yang dihasilkan dari penerapan system pendidikan yang mampu menjangkau itu. Sayangnya, sumber daya manusia yang ada cenderung berfokus pada kemampuan hard skill yang dimilikinya. Sehingga tidak terdapat kenaikan grafik yang signifikan terhadap peningkatan produktivitas tempatnya bekerja. Ditambah lagi, pengembangan aspek soft skill belum dialokasikan sepenuhnya dalam kurikulum dengan porsi yang memadai.
SMK SMAK Makassar sendiri sebagai salah satu sekolah kejuruan di bawah naungan Kementerian Perindustrian telah menerapkan sistem berbasis vokasi industri. Dengan keunggulan ini, SMK SMAK Makassar menerapkan pembelajaran terstruktur yang mengarah pada prosedur kerja yang sistematis dengan pengembangan aspek hard skill dan penekanan pada soft skill peserta didik sebagai inovasi pola pendidikan yang linear dan terintergrasi dengan kebutuhan industri, sehingga melahirkan lulusan kreatif, inovatif, kompeten, dan siap kerja.
SMK SMAK Makassar sendiri telah mendapatkan sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2015, sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2015, sistem manajemen K3 ISO 45001:2018 dan sistem manajemen mutu anti penyuapan ISO 37001:2016.
- KEUNGGULAN
- Sekolah NEGERI di bawah naungan Kementerian Perindustrian dengan akreditasi A
- Sekolah VOKASI berstandar industri, lulusan kompeten dan SIAP KERJA
- Jejaring kerjasama yang luas dengan industri
- Kurikulum berbasiis kompetensi industri dengan metode dual system
2. SARANA DAN PRASARANA
- Fasilitas laboratorium sesuai perkembangan industri
- LSP-P1 Analis kimia
- Tempat uji Kompetensi
- Menjadi salah satu sekolah adiwiyata
- Kegiatan Esktrakurikuler pendukung pembentukan karakter siswa.
3. PELUANG LULUSAN
- Terserap bekerja dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan
- Alokasi kesempatan kerja tersebar di seluruh Indonesia
- Dibekali dengan kemampuan daya saing
- Dapat melanjutkan pendidikan pada kelas Akselerasi di beberapa perguruan tinggi dan akademi yang telah bekerja sama.